Rabu, 09 Januari 2013

cara membuat topologi star

Kali ini Saya mau membuat jaringan dengan jenis topologi star di CISCO Packet Tracer. Ada berbagai macam jenis topologi yang ada ,namun mengapa saya memilih topologi star? Jawaban yang paling tepat adalah selain lebih mudah di pahami.topologi star juga paling banyak digunakan pada saat ini.
Perlu diketahui hardware yang digunakan untuk membangun topologi ini diantaranya sbb :
- Kabel LAN DAN RJ-45
- Switch atau Hub
- Beberapa PC / Server.
- Router ( tidak harus menggunakan router, tergantung keperluan anda).
Dan berikut cara membuatnya di Packet Tracer :
1. Berikut tampilan halaman kerja pada Packet Tracer. Disini lah kita akan menggambar topologinya.


 

2. Nah Pada halaman kerja, letakkan beberapa PC (Saya menggunakan 5).

 

3. Kemudian letakkan Sebuah Hub mengelilingi 5 PC tersebut. Hubungi tiap PC dengan kabel. Untuk jenis kabel ,anda jangan khawatir, akan ada pilihan yang secara otomatis menyesuaikan jenis kabel. Dan tampilanya seperti berikut :
 

4. Apabila lampu hijau yang menyala, berarti perangkat sudah saling terhubung, namun belum bisa saling berkomunikasi. Oleh karena itu yang harus kita lakukan adalah memberi IP Address untuk masing-masing computer. Cara nya sebagai berikut :


a. Klik double pada masing-masing computer, akan muncul tampilan berikut ini :

b. Karena masih jaringan sederhana ,cukup isi IP Address dan Subnet Mask saja. Pilih Static untuk memberi IP secara manual. Setelah itu langsung close. Lakukan ini ke masin-masig PC. Sekedar mengingatkan tiap PC harus memiliki IP Adress yang berbeda.

 

c. Nah sekarang PC sudah dapat saling berkomunikasi. Untuk mengecek apakah benar sudah dapat saling berkomunikasi, klik double salah satu PC, Lalu pindah ke Tab Dekstop ,pilih Command Prompt.




d. Setelah itu, coba lakukan komunikasi dengan cara menge ping PC lain. Missal yang ber IP Address kan 192.168.1.103. jika me reply. Berarti PC tersebut sudah terhubung dalam satu jaringan dan dapat saling berkomunikasi.



Sampai disana dulu materi yang bisa saya beri kepada teman-teman sekalian. Sebenarnya dalam artikel ini tidak hanya untuk membuat topologi star saja, namun lebih ke pemahaman dan bagaimana cara membangun sebuah jaringan di CISCO Packet Tracer. Jika sudah mengerti teman-teman dapat mencoba berbagai macam jenis topologi yang lain.


untuk paket tracernya dapat anda download <blink>Disini</blink>

Semoga Bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar