Rabu, 09 Januari 2013

manfaat televisi

Televisi adalah sebuah alat penagkap siaran bergambar. Kata televisi berasal dari kata “tele” and “vision“ yang mempunyai arti  masing – masing . “ tele “ mempunyai arti jauh, sedangkan “ vision “ adalah tampak, jadi televisi berarti tampak atau dapat melihat dari jarak jauh. Penemuan televise mampu mengubah peradaban dunia. Di Indonesia “ televisi “ secara tidak  formal di sebut dengan TV, Tivi, Teve, ataupun Tipi.
            Dalam penemuan televisi, terdapat banyak pihak penemu, maupun innovator yang terlibat, baik perorangan maupun Badan Usaha, “ televisi “ adalah karya yang di kembangkan dari tahun ke tahun. Awal dari televisi tentu tidak dapat di pisahkan dari penemu dasar, hokum gelombang elektomagnetik yang di temukan oleh Joseph Henry dan Michael Faraday (1831) yang merupakan awal dari era komunikasi elektonik.
            Setelah puluhan tahun melakukan penelitian, akhirnya proyek layar plasma selesai, Larry Weber berhasil menciptakan layar plasma yang lebih stabil dan cemerlang. Masing – masing jenis teknologi layar semakin di sempurnakan, baik LCD, Plasma, maupun CRT. Televisi terus di keluarkan yang lebih sempurna dari sebelumnya.
            Teknologi penyiaran TV melalui gelombang dalam tabung hampa yang di gambarkan dapat membuat seseorang melihat gambar pada layar tv. Pengiriman gambar elektronik menggunakan kepingan logam yang di sebut  dengan teleskop elektronik. Teknologi yang digunakan sangatlah maju dan canggih dari tahun ke tahun teknologi televisi selalu berubah menjadi lebih baik dan lebih muhtahir lagi.
            Televisi Digital ( Digital Televison, DTV )
adalah jenis tv yang menggunakan modulasi digital dan sistem kompresi untuk menyebarluaskan video, audio, dan sinyal data ke pesawat televisi.
Latar belakang pengembangan televisi digital :
a)      Perubahan Lingkungan Eksternal
-          kompetensi dengan sistem penyiaran satelit dan kabel.
b)      Perkembangan Teknologi
-          Teknologi Transmisi Digital
-          Teknologi Semi Konduktor
-          Teknologi Peralatan Display yang Bersolusi Tinggi


Keunggulan Televisi Digital :
ü  Lebih halus di banding televisi analog
ü  Kemampuan mereproduksi suara seperti sumber aslinya
ü  Memberi kemampuan untuk merekam dan mengedit siaran
ü  Multichannel
Televisi memberikan informasi gambar dengan memvariasikan voltase atau frekuensi dari sinyal. Seluruh sistem sebelum televisi digital dapat di masukan ke analog.
Dampak positif dan negatif televisi bagi masyarakat sangatlah beragam. Masyarakat mendapatkan banyak keuntungan dengan hadirnya teknologi televisi di tengah – tengah mereka. Televisi menjadi hiburan dan sumber informasi yang bisa mereka dapatkan di dalam rumah dan mempermudah manusia dalam mendapatkan informasi.
Hanya dengan membeli televisi di pasaran, mereka mendapatkan hiburan dan informasi yang dapat mereka nikmati bersama anggota keluarga. Di zaman sekarang ini dengan kecanggihan teknologi, masyarakat dapat dengan mudah mendapatkan bentuk hiburan yang memanjakan mata dan merifresh pikiran mereka yang mungkin penat dengan aktivitas sehari – hari.
Televisi tidak hanya berdampak positif bagi si penggunanya atau penonton saja, tetapi  televisi juga menimbulkan dampak negatif, salah satunya menampilkan tontonan atau acara – acara tentang tindakan kekerasan, film – film perang bahkan film – film atau tayangan yang termasuk ke dalam kategori pornografi tanpa di saring secara ketat, layak, atau tidak layak untuk di tayangkan.
Televisi dapat di nikmati oleh segala jenis umur, ras atau pun negara. Banyak acara televisi yang di tonton oleh anak – anak yang seharusnya belum waktunya mereka melihat atau menyaksikan tontonan terssebut . seperti acara yang menggunakan tentang kekerasan , anak – anak akan dengan mudah menirukan aksi – aksi yang ada di televisi, memicu saraf – saraf otak mereka untuk melakukan adegan demi adegan. Perlunya pengawasan dari orang tua terhadap apa yang di tonton oleh anak, dan bagi para stasiun televisi di himbau agar lebih seleksi menayangkan program – program acaranya.

Rating televisi dari tahun ke tahun meningkat dengan tajam, banyak masyarakat dari lapisan atas sampai bawah bisa menikmati acara televisi, tidak heran banyak bermunculan stasiun – stasiun televisi, seperti jamur di musim penghujan yang menyuguhkan acara program – program televisi yang memanjakan masyarakat yang haus akan berita dan hiburan.
Televisi di minati dan menjadi salah satu hiburan yang bisa di dapat oleh masyarakat dengan mudah . reting televisi meningkat dengan perkembangan zaman dengan bermunculan stasiun – stasiun televisi swasta yang memberikan warna baru di bidang ilmu pertelevisian yang membuat masyarakat menjadi nyaman dan terpuaskan dalam hal berita dan hiburan.
Tantangan yang di hadapi televisi terhadap media lain seperti internet tidak lah terlalu besar. Banyak program acara televisi yang di  tayangkan bahkan i masa sekarang ini dengan kemajuan teknologi , masyarakat dapat menikmati beragam jenis program televisi dari hiburan , berita , film , bahkan acara education untuk anak – anak .
Televisi dan internet tidak lah jauh berbeda, ke duanya mempunyai keunggulan tersendiri , televisi  dapat di nikmati oleh segala jenis lapisan masyarakat . sedangkan internet hanya bisa di nikmati oleh kalangan tertentu . Fungsi televisi sebagai sumber berita atau pun hiburan yang mudah di dapat dan internet merupakan pusat sumber berita, informasi dan hiburan yang bisa kita dapat hanya dengan hitungan menit, dengan internet kita dapat mencari informasi apa pun yang ingn kita ketahui. Pada intinya media televisi sangatlah bermanfaat bagi kehidupan masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar